Mengatasi Suara Mesin Kasar, Suzuki RMK Cikampek

Mengatasi Suara Mesin Kasar Pada Mobil

Seringkali terjadi berbagai permasalahan di mesin mobil, salah satunya suara mesin mobil kasar. Berikut ini cara mengatasi suara mesin kasar:

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Kasar Pada Mobil

Sebenarnya, ada berbagai penyebab dari masalah kendaraan yang satu ini, sehingga Anda perlu mencari tahu penyebab ini terlebih dahulu jika ingin mengatasinya. Ketika titik masalah sudah terlihat, maka Anda bisa melakukan tindakan untuk menyelesaikan hal tersebut.

  • Kurang Oli pada Bagian Mesin

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab kasarnya suara mesin mobil yaitu karena ada masalah dengan pelumas atau oli mesinnya.

Jika oli mesin sudah berkurang atau menurun kualitasnya, maka hal tersebut dapat berdampak pada performa oli yang menjadi kurang maksimal.

Padahal, oli memainkan peran sangat penting di sini dalam mencegah terjadinya gesekan berlebihan pada berbagai komponen mesin.

Maka dari itu, ketika olinya kurang, maka dampak gesekannya pun akan menjadi semakin besar. Hal tersebut yang kemudian membuat mesin mobil menjadi bersuara kasar atau berisik.

Kurangnya oli atau menurunnya kualitas oli ini tentunya disebabkan karena oli yang jarang diganti, sehingga menjadi kotor dan sudah tidak layak lagi untuk tetap dipakai.

Solusi untuk masalah ini yaitu segera lakukan penggantian oli mesin, jangan paksakan oli yang sudah tidak layak pakai tetap bekerja dengan hasil yang kurang maksimal.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam hal ini yaitu pentingnya melakukan pengecekan dan penggantian oli secara rutin. Anda bisa mengecek oli dengan melihat bagian dipstik yang berada di tangki oli.

Lihatlah warna dari oli tersebut, jika sudah berwarna hitam pekat atau kotor, maka segera ganti dengan oli yang baru.

Namun, jika sudah mengganti oli dan masalah suara mesin mobil kasar masih belum terselesaikan, maka ada baiknya segera periksakan mobil Anda ke bengkel resmi terdekat.

  • Terjadi Masalah di Bagian Kompresor AC Mobil

Kedua, ada penyebab yang terbilang sangat umum dari kasarnya suara mesin mobil, yaitu karena adanya kerusakan atau permasalahan di bagian komponen prosesor AC mobil.

Baca Juga :  Cari Sparepart Original Suzuki ? My Suzuki aja!

Masalah ini disebabkan karena berbagai hal, misalnya bagian kompresor yang mulai aus, kurangnya pelumas yang mendukung kinerja kompresor AC,  atau karena adanya kotoran di bagian dalam kompresor yang bisa membuat kompresor tersumbat.

Untuk penyebab kedua ini, solusinya adalah dengan cara flushing dan melakukan pembongkaran terhadap komponen AC mobil. Dengan pembongkaran tersebut, maka kondisi detail di bagian dalam kompresor akan dengan mudah diketahui.

Anda bisa tahu bagian mana yang rusak dan separah apakah kerusakan tersebut. Namun, tentu saja tidak semua orang bisa memiliki kemampuan untuk melakukan pembongkaran ini.

mesin mobil

Sumber: istockphoto 

Maka dari itu, jika Anda tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, atau tidak punya waktu yang cukup untuk melakukan pembongkaran sendiri, bawalah mobil Anda ke bengkel resmi terdekat supaya bisa mendapatkan tindakan yang tepat.

Dengan membawa mobil ke bengkel, maka Anda bisa lebih mudah mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada kompresor AC. Lalu, jika ternyata tidak ada masalah, Anda juga bisa mencari tahu penyebab lain dari suara mesin mobil kasar.

  • Rusaknya Bagian Tali Kipas

Di dalam mesin mobil, terdapat salah satu komponen yang disebut dengan tali kipas, fungsinya adalah menghubungkan antara kompresor AC serta alternator, dengan bagian kipas radiator.

Jika tali ini mengalami masalah, maka tanda yang sangat mudah terasa yaitu dengan adanya suara bising atau kasa dari mesin mobil.

Hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini yaitu karena kondisi permukaannya sudah mulai kering dan retak. Selain itu bisa juga karena kondisi tali yang memang sudah kendur dan tidak layak lagi untuk digunakan.

Ada cara sementara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memberikan pelumas secukupnya di bagian tersebut.

Namun, perlu diperhatikan dengan baik bahwa ini hanyalah solusi yang bersifat sementara, dapat dilakukan jika dalam kondisi terpaksa.

Solusi lain yang bisa lebih berguna untuk perbaikan yaitu dengan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk bagian tali kipas tersebut.

Baca Juga :  Cara Blokir STNK Mobil

Setelah dicek dengan detail, maka bisa dilakukan perbaikan yang diperlukan, atau penggantian tali kipas jika memang sudah tidak bisa dipakai lagi.

Supaya hasilnya maksimal, pengecekan ini bisa dilakukan di bengkel terdekat, sehingga langsung ditangani oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya.

  • Katup Mesin Mulai Longgar

Suara mesin mobil kasar juga bisa disebabkan karena bagian katup mesinnya sudah tidak terlalu rapat atau bisa dibilang sudah mulai longgar. Pada kondisi normal, katup mesin biasanya memiliki ukuran sebesar 0,2 sampai 0,3 milimeter.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa seiring berjalannya pemakaian kendaraan, maka katup ini dengan sendirinya bisa menjadi semakin longgar.

Hal tersebut dapat menyebabkan adanya gesekan yang terjadi di antara bagian rocker arm dan batang katup. Inilah kondisi yang kemudian menyebabkan munculnya bunyi bising yang keluar dari mesin mobil ketika kendaraan dinyalakan.

Solusi untuk masalah ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk bagian katup mesin. Anda perlu memastikan bahwa komponen ini masih berada dalam kondisi yang baik dan tertutup rapat.

Pemeriksaan ini juga rasanya sulit untuk dilakukan tanpa bantuan dari tenaga ahli, sehingga solusi terbaik adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

  • Adanya Kerusakan di Bagian Bearing Mobil

Penyebab selanjutnya yaitu muncul dari komponen bearing mobil. Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan suara mesin mobil kasar atau berisik.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan bearing. Namun, komponen ini memiliki komposisi yang terbilang cukup rumit, serta jenisnya beragam sehingga sulit untuk ditangani oleh orang awam.

Maka dari itu, lakukan pemeriksaan ke bengkel supaya bisa mengetahui kerusakan secara lebih detail dan segera melakukan perbaikan.

Tips Perawatan untuk Mencegah Suara Mesin Mobil Kasar

Dibanding mengatasi kerusakan, memang lebih baik jika Anda bisa melakukan pencegahan supaya masalah ini tidak terjadi. Berikut adalah langkah-langkah perawatan yang bisa Anda lakukan secara mandiri:

  1. Gunakan bahan bakar kendaraan sesuai dengan anjuran;
  2. Gunakan oli mesin sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh kendaraan;
  3. Periksalah bagian luar dari mesin mobil secara rutin;
  4. Jaga kebersihan komponen AC, pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel;
  5. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap dudukan komponen, misalnya dudukan transmisi, dudukan komponen, serta dudukan suspensi.
Baca Juga :  Engine Mounting LH Ertiga Type 3

Itulah penjelasan tentang apa saja yang bisa menjadi penyebab kasarnya suara mesin mobil. Lalu, berdasarkan penyebab tersebut, Anda bisa mengatasinya secara optimal dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, sudah dipaparkan juga beberapa tips penting untuk menjaga mobil supaya terhindar dari risiko kerusakan pada mesin yang membuatnya mengeluarkan suara kasar atau bising.

Setelah membaca informasi tentang penyebab dan cara mengatasi suara mesin mobil kasar, maka seharusnya kini Anda lebih siap dalam melakukan perawatan mobil secara optimal. 

Pastikan bahwa kondisi mobil selalu prima, supaya tidak mengganggu keamanan berkendara! Jangan lupa penuhi kebutuhan bahan bakar agar kinerja mesin tetap optimal!

Mengatasi Suara Mesin Kasar

Mengatasi Suara Mesin Kasar

Mengatasi Suara Mesin Kasar

Mengatasi Suara Mesin Kasar

Situs Resmi Suzuki RMK Cikampek

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

TEMUKAN MOBIL SUZUKI YANG TEPAT UNTUK ANDA !

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *