Mesin Mobil Ngelitik, Suzuki Cikampek

Mesin Mobil Ngelitik? Kenali Penyebab dan Solusinya

Gejala mesin mobil ngelitik saat digas seringkali disepelekan. Padahal, mesin yang ngelitik atau engine knocking merupakan salah satu tanda kalau adanya masalah pada mobil kamu dan risiko yang ditimbulkan cukup serius. 

Mesin ngelitik sendiri erat kaitannya dengan proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin yang tidak sempurna. 

Biasanya akan muncul suara ngelitik pada mesin mobil yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut. 

Dampaknya, performa mesin jadi menurun dan konsumsi bahan bakar lebih boros. Sedangkan dampak jangka panjangnya, keausan pada komponen mesin jadi lebih cepat dan menimbulkan kerusakan parah pada komponen internal mesin. 

Keausan tersebut akan lebih parah dan cepat terjadi apabila masalahnya tidak segera diatasi. Itulah mengapa, mobil yang alami masalah ini membutuhkan perhatian ekstra. 

Nah, agar tidak salah langkah dalam mengatasinya, yuk cari tahu dulu penyebabnya!

Mesin mobil ngelitik di RPM rendah

1. Auto valve melemah

Kondisi auto valve yang sudah lemah jadi salah satu penyebab mesin mobil ngelitik. Biasanya disebabkan oleh usia pakainya yang sudah lama sehingga membuat gaya pegasnya melemah, alhasil valve tidak lagi bisa bekerja optimal.

2. Conrod dan main bearing aus

Conrod bearing dan main bearing merupakan komponen penting dalam mesin mobil. Apabila komponen ini alami keausan, mobil akan mengeluarkan suara aneh.

3. Silinder kemasukan benda keras

Benda keras seperti kepala busi pecah yang masuk ke dalam silinder dapat mempengaruhi kinerjanya mesin mobil dan membuatnya ngelitik saat digas. 

Baca Juga :  Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

Hal ini karena benda keras tersebut bisa membuat proses pembakaran jadi tidak sempurna, sehingga menimbulkan suara aneh saat mobil digas.

4. Celah valve melebar

Valve atau katup yang renggang dan tidak sesuai dengan setelan normal bisa memicu timbulnya bunyi aneh saat mobil digas. 

Hal ini biasanya terjadi karena usia penggunaannya yang sudah lama dan membuat komponen camshaft dan arm shaft menjadi aus.

Mesin mobil ngelitik di RPM tinggi

1. Bahan bakar yang tidak sesuai

Bahan bakar dengan nilai oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik akan membuat proses pembakaran tidak sempurna sehingga mobil ngelitik.

Untuk itu, pastikan kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrik. Sebab, bahan bakar rekomendasi pabrik biasanya sudah disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan.

2. Busi yang tidak sesuai tipe mesin

Agar mobil tidak menggelitik, pastikan kamu menggunakan busi yang sesuai dengan tipe mesin dan perhatikan kondisinya.

Sebab, kondisi busi yang lemah akan menghasilkan api yang kecil sehingga memicu bunyi ngelitik pada mobil akibat proses pembakaran bahan bakar yang tidak optimal dan menyisakan uap bensin yang kemudian terbakar lagi. 

3. Kebocoran vacuum

Kebocoran vacuum pada inject manifold menyebabkan kadar oksigen terlalu banyak pada komponen ini. Efeknya membuat mobil terasa berat saat digas di RPM tinggi.

4. Kotoran karbon

Kotoran karbon yang menumpuk pada injektor bensin, valve, dan permukaan piston sebaiknya jangan dibiarkan jika tidak ingin mesin mobil kamu ngelitik. 

Baca Juga :  Efek Telat Ganti Oli Mobil

Lakukan pengecekan pada bagian-bagian tersebut dan segera bersihkan bila ada kotoran yang menumpuk.

5. Filter udara kotor

Komponen yang harus diperiksa untuk menghindari masalah mesin mobil yang ngelitik adalah filter udara. Bersihkannya secara rutin paling tidak sebulan sekali, karena filter udara yang kotor akan membuat aliran udara menjadi kurang lancar. 

Dampaknya, konsumsi bahan bakar boros dan mobil jadi tidak bertenaga karena ruang bakar mesin tidak punya cukup udara untuk pembakaran sempurna.

6. Fuel pump kotor

Nggak cuma filter udara yang harus dijaga kebersihannya, komponen lain yang bisa membuat mesin ngelitik jika dibiarkan kotor adalah saringan pompa bensin. 

Efeknya, bensin yang masuk ke mobil tidak dalam kondisi bersih dan mengganggu proses pembakaran.

7. Tekanan kompresi terlalu tinggi

Tekanan kompresi yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin akan membuat valve yang ada tidak bisa terbuka dengan sempurna. 

Akibatnya klep akan berkerak dan lapisan karetnya jadi kotor. Hal inilah yang memicu bunyi ngelitik saat mobil digas.

8. Sensor MAF yang tidak sesuai

Sensor MAF atau air flow meter, ukuran voltase dan ohm-nya harus sesuai. Jika kamu mendapati sensor tersebut tidak sesuai ukuran voltase dan juga ohm-nya, sebaiknya segera diganti untuk menghindari mesin mobil yang ngelitik.

Mengacu pada penyebab-penyebab tersebut, mesin mobil yang ngelitik umumnya disebabkan oleh kerusakan komponen berbagai di dalam mobil, sehingga sulit untuk ditangani sendiri di rumah.

Baca Juga :  Beli Suzuki Genuine Accessories di My Suzuki

Maka dari itu, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya agar ditangani dengan tepat oleh montir profesional.

Untuk mencegah mesin mobil ngelitik, melakukan servis berkala secara rutin adalah cara terbaik. Dengan begitu, performa mobil terjaga, begitupun dengan harga jualnya. 

Mesin mobil ngelitik

Mesin mobil ngelitik

Mesin mobil ngelitik

Mesin mobil ngelitik

Situs Resmi Suzuki RMK Cikampek

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

TEMUKAN MOBIL SUZUKI YANG TEPAT UNTUK ANDA !

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *